Buah Sirsak memiliki nama latin Annona muricata. Buah ini dapat ditemui di wilayah dengan iklim tropis, salah satunya Indonesia. Buah ini dapat dikonsumsi dengan langsung dimakan seperti biasa ataupun dikonsumsi dalam bentuk jus ataupun dicampur pada es buah.

Buah Sirsak kaya akan senyawa dan nutrisi, sehingga buah ini bagus untuk kesehatan. Senyawa dan nutrisi tersebut antara lain, karbohidrat, serat, protein, vitamin B dan C, kalium, magnesium, kalsium, zat besi, folat, zinc, serta antioksidan. Adapun manfaat buah Sirsak bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat di dalam buah sirsak berperan sebagai antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh serta mengurangi risiko untuk terkena penyakit kronis, seperti diabetes dan hipertensi.

2. Mengurangi tekanan darah
Dilansir dari beberapa sumber, suplemen yang terbuat dari daun, ekstrak, dan biji sirsak mengurangi penurunan kadar LDL dalam tubuh. LDL adalah Low-Density Lipoprotein atau dikenal sebagai kolesterol jahat. Mengonsumsi sirsak juga dapat mengurangi kadar trigliserida yang tinggi.

3. Pelindung tubuh dari infeksi
Sirsak memiliki sifat antiparasit dan antibakteri yang dapat melindungi tubuh dari infeksi parasit. Buah ini juga dipercaya mampu membantu pemulihan tubuh setelah terkena infeksi. Hal ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi Sirsak secara langsung atau dapat merebus daun Sirsak lalu diminum ketika hangat.

4. Melancarkan sistem pencernaan
Dalam 100 gram sirsak, mengandung 20 mg vitamin C yang memiliki manfaat sebagai pengobatan alami untuk disentri. Kandungan serat dan air yang tinggi dalam buah Sirsak, membantu untuk menjaga saluran cerna agar tetap aktif.

5. Mencegah pertumbuhan sel kanker
Buah Sirsak mengandung antioksidan dan beragam zat kimia lain yang memiliki sifat antikanker. Dilansir dari beberapa studi yang dilakukan di laboratorium, ekstrak buah dan daun Sirsak dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker, seperti kanker payudara, prostat, usus besar, hati, ginjal, dan mulut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *